Skip to main content

Resep dan Cara Masak Tumis Tempe Kacang Panjang dan Tahu Pedas Spesial


Untuk membuat masakan lezat tak melulu menggunakan bahan makanan berharga mahal. Berbekal tempe, kacang panjang, dan tahu saja, kita bisa memasak makanan tradisional yang lezat.

Nah, pada kesempatan ini Oke Foods akan mengulas resep dan cara membuat tumis tempe kacang panjang dan tahu dengan bumbu pedas. Resep masakan sederhana kali ini cukup spesial karena selain enak, masakan tradisional ini juga sangat mudah untuk dibuat atau dimasak.

Tumis tempe kacang panjang dan tahu pedas spesial ini sangat direkomendasikan sebagai menu makan sehari-hari. Maksudnya, masakan ini cocok disantap kapan saja, baik sebagai menu sarapan, makan siang, maupun makan malam. Daripada berlama-lama, yuk langsung saja simak ulasan lengkap resep dan cara membuatnya

Resep dan cara masak tumis tempe kancang panjang dan tahu pedas

Bahan tumis tempe kacang panjang dan tahu pedas spesial:
1. 200 gram tempe, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
2. 5 utas kacang panjang, potong dengan ukuran sesuai selera.
3. 5 buah tahu kulit, masing-masing dipotong menjadi 8 bagian.
4. 200 mililiter air putih.
5. Minyak sayur untuk menggoreng dan menumis.

Bumbu tumis tempe kacang panjang dan tahu pedas spesial:
1. 4 siung bawang putih, iris tipis.
2. 8 sing bawang merah, iris tipis.
3. 1 sendok teh kaldu ayam instan.
4. 2 sendok makan kecap manis.
5. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
6. 1 lembar daun salam.
7. 2 buah cabai merah keriting, iris serong.
8. 6 buah cabai rawit, iris serong.

Pelengkap:
1. 2 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan.
2. 1 buah tomat merah, potong menjadi 16 bagian.


Tips:
1. Sebelum dimasak tumis tempe kacang panjang dan tahu pedas spesial, disarankan agar potongan tempe digoreng terlebih dulu sampai berminyak. Ini bertujuan agar tempe matang sempurna.
2. Ketika memasak kacang panjang usahakan jangan terlalu matang agar kita masih mendapatkan tekstur renyah ketika menyantapnya nanti. Oleh sebab itu, jangan buru-buru memasukkan kacang panjang ketika memasak nanti. Ikuti petunjuk cara membuatnya tahap demi tahap.
3. Supaya rasanya lebih mantap, Anda bisa menambahkan udang atau ikan teri segar. Selain kaldu instan, dua bahan ini juga dapat kita gunakan sebagai alternatif pengganti penyedap rasa/micin/MSG.
4. Jumlah dan jenis cabai yang digunakan tentunya boleh disesuaikan selera.
5. Selama memasak, atur besar kecilnya api agar masakan matang sempurna.


Cara membuat tumis tempe kacang panjang dan tahu pedas spesial:
1. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
2. Masukkan potongan tempe, goreng sampai setengah matang atau berminyak, angkat, tiriskan, dan sisihkan.
3. Panaskan 3 sendok makan minyak sayur untuk menumis.
4. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum.
5. Tambahkan daun salam dan cabai, tumis sampai layu dan harum.
6. Masukkan tahu, tumis sampai tercampur rata.
7. Tambahkan tempe dan kacang panjang, tumis sampaij tercampur rata.
8. Tuangkan air putih, kecap manis, dan tambahkan semua bumbu yang belum digunakan serta tomat merah, masak sambil ditumis sampai matang dan bumbu meresap, angkat.
9. Pindah ke wadah saji, tumis tempe kacang panjang dan tahu pedas spesial sudah siap dinikmati bersama ikan lele goreng tepung super renyah dan es ketimun serut sederhana tapi sangat menyegarkan.

Resep dan cara membuat tumis tempe kacang panjang dan tahu pedas spesial ini cukup untuk 4 porsi atau lebih. Selamat mencoba!



loading...

Baca juga;

Comments

Populer

Resep Botok Daging Kerbau Khas Kudus Spesial

Selai soto atau garang asem, Kabupaten Kudus juga punya menu botok yang khas. Adalah botok daging kerbau. Cara membuat juga cukup mudah. Ingin mencoba? Simak penjelasan selengkapnya resep botok daging kerbau khas Kudus spesial untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Bahan untuk membuat botok daging kerbau khas Kudus spesial: 250 gram daging kerbau, rebus dengan 2 lembar daun salam sampai matang, suwir-sewir. 100 gram kelapa parut. 1 butir telur ayam, kocok lepas. Bumbu botok daging kerbau khas Kudus spesial: Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya. 1 sendok teh kaldu bubuk instan. 3 lembar daun salam, sobek-sobek. 3 buah cabai merah keriting, iris tipis. Bumbu yang dihaluskan: 2 siung bawang putih. 6 siung bawang merah. 4 butir kemiri yang sudah disangrai. 0,5 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai. Tips: Disarankan untuk menggunakan kelapa yang masih muda, tidak terlalu tua. Jumlah cabai yang digunakan boleh disesuaikan

Resep Keripik Jamur Kancing Super Renyah dan Enak

Ngemil keripik jamur kancing itu memang sebuah kegiatan yang menyenangkan. Apalagi kalau teksturnya super renyah dan enak. Kalau sudah begini, jangan harap bisa berhenti mengunyah. Tak kalah renyah dengan; resep keripik jamur tiram super renyah , maupun resep keripik jamur kuping renyah tahan lama Untuk membuat keripik jamur kancing sendiri, itu bukan hal yang tak mungkin. Sebab, camilan ini tergolong mudah dibuat. Bahan dan bumbu yang digunakan juga mudah didapat. Supaya hasilnya benar-benar enak, simak penjelasannya berikut ini dengan seksama. Bahan basah: 500 gram jamur kancing, cuci bersih, pedas, iris tipis. 50 mililiter air putih. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng. Bahan kering: 225 gram tepung beras. 4 sendok makan tepung sagu. 0,5 sendok teh baking powder . Garam dan lada putih bubuk secukupnya. Kaldu bubuk instan secukupnya. Bumbu yang dihaluskan: 6 siung bawang putih. 1 sendok makan biji tekumbar. Cara membuat k

Resep Cara Membuat Jipang Emping Melinjo Wonosobo

Pernah dengat kue bernama jipang atau gipang. Kue kering tradisional asli Indonesia ini ada yang dibuat dari emping melinjo. Kue jipang seperti itu adalah salah satu kue khas masyarakat Wonosobo, Jawa Tengah. Kalau kebetulan Anda berkunjung ke tempat tersebut, pasti akan dengan mudah mendapatkannya. Resep dan cara membuat jipang emping melinjo itu sangat mudah. Rasanya manis dan gurih karena pada dasarnya 2 bahan utama yang digunakan adalah emping melinjo dan gula merah yang sebelumnya dibuat caramel terlebih dahulu. Emping melinjo sendiri menyimpan rasa yang sangat gurih. Jadi, tak ayal bila makanan ini menonjolkan 2 rasa tersebut. Yaitu, gurih dari emping melinjo dan manisnya gula merah atua gula aren. Yang harus diperhatikan ketika membuat jipang emping melinjo adalah ketika mencampur remahan emping melinjo dan caramel gula merah. Karena lengket, disarankan untuk menggunakan sarung tangan plastik yang sudah dioles minyak sayur secukupnya. Selain itu, pastikan e

Resep Tumis (Oseng-oseng) Soun Pedas Menggoda Selera

Pernah mencoba masakan yang dibuat dari mie soun. Bila tertarik, silakan mengaplikasikan resep tumis (oseng-oseng) soun pedas berikut ini. Makanan tradisional yang dimasak dengan teknik ditumis ini bakal menggoda selera siapa saja yang mencium baunya. Perlu diketahui, untuk mengaplikasikan resep tumis (oseng-oseng) soun pedas menggoda selera ini cukup mudah. Bahan: - Mie soun: 200 gram, rendam dengan air panas sampai kenyal, tiriskan. - Udang: 100 gram, dikupas. - Air kaldu: 50 mililiter (cara membuat air kaldu ada para resep mie ayam khas Jakarta ). - Mentega atau margarin: secukupnya untuk menumis. Bumbu: - Bawang putih: 2 siung, dimemarkan, kemudian dicincang sampai halus. - Bawang bombay: 1 siung, iris tipis. - Lengkuas: 1 sentimeter, dimemarkan. - Daun salam: 1 lembar. - Kecap manis: secukupnya. - Gula pasir: secukupnya. - Garam: secukupnya. - Lada putih bubuk: secukupnya. - Kaldu bubuk instan: 0,25 sendok teh. - Cabai merah keriting: 4 buah, iris t

Resep Roti Manis dengan Menggunakan Tepung Bogasari

Pada kesempatan ini Oke Foods akan membahas resep roti manis yang dibuat dari tepung Bogasari. Untuk membuatnya, jenis tepung terigu yang digunakan adalah tepung terigu Bogasari Cakra Kembar. Tepung tersebut memang diproduksi secara khusus sebagai bahan dasar untuk membuat roti dan mie. Dengan menggunakannya, diharapkan tekstur roti dan mie akan menjadi empuk dan mengembang. Berikut penjelasan selengkapnya. Bahan kering untuk membuat roti manis dengan menggunakan tepung Bogasari: 1 kilogram tepung Cakra Kembar. 210 gram gula pasir. 20 gram ragi instan. 40 gram susu full cream . 15 gram garam. Bahan basah: 4 gram bread improver . 80 gram margarin. 150 gram telur ayam. 50 gram kuning telur. 450 gram air putih. 80 gram orchid butter unsalted . Pelengkap (aduk sampai tercampur rata untuk olesan): 50 gram telur ayam, kocok lepas. 50 gram susu sapi segar. Tips: Semua bahan basah ditimbar dengan menggunakan satuan gram, termasuk air putih d

Resep Perkedel Tahu Lilit Mie Telur

Pada kesempatan ini Oke Foods akan membahas salah satu resep masakan kreatif. Memanfaatkan tahu, telur, dan mie sebagai bahan utamanya, Oke Foods akan berbagi resep masakan yang bakal disuka oleh anak-anak. Anda bisa menghidangkan makanan ringan ini sebagai camilan. Atau, bahkan dapat juga dijadikan sebagai lauk. Misalnya, lauk untuk resep sup makaroni bakso dan aneka sayur atau resep soto kuah bening segar . Bahan untuk resep perkedel tahu lilit mie telur: 200 gram tahu putih, dihaluskan. 2 butir telur ayam, masing-masing dikocok pada wadah terpisah. 1 buah sosis, potong bentuk dadu. 100 gram mie telur yang sudah direbus. Minyak sayur untuk menggoreng. Bumbu perkedel tahu lilit mie telur: 1 utas daun bawang, iris tipis. 2 siung bawang putih, dihaluskan. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya. 0,5 sendok teh ketumbar. Cara memasak perkedel tahu lilit mie telur: Masukkan tahu ke dalam wadah untuk membuat adonan perkedel tahu.