Skip to main content

Resep Ikan Cakalang Asap Masak Tumis Tomat Enak


Ikan cakalang asap menawarkan sensasi cita rasa khas. Dagingnya tebal dan manis, bila masih segar, akan menjadi kuliner yang lezat, sekalipun dimasak dengan bumbu sederhana.

Nah, pada kesempatan ini Oke Foods akan membahas resep masakan yang menggunakan bahan makanan tersebut. Ya, resep ikan cakalang masak tumis tomat enak.

Masakan ini sangat direkomendasikan sebagai menu makan siang maupun makan malam. Tapi, tak menutup kemungkinan pula dinikmati sebagai menu sarapan dengan nasi putih hangat.


Bahan untuk membuat ikan cakalang asap masak tumis tomat enak:
1. 300 gram ikan cakalang asap, potong kasar.
2. 1 buah tomat merah, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
3. 200 mililiter air putih.
4. 1 sendok makan minyak sayur untuk menumis.

Bumbu untuk membuat ikan cakalang asap masak tumis tomat enak:
1. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
2. 0,25 sendok teh kaldu ayam instan.

Bumbu yang dihaluskan:
1. 6 siung bawang merah.
2. 2 buah bawang putih.
3. 5 buah cabai rawit merah.
4. 4 buah cabai merah keriting.


Tips:
1. Jumlah dan jenis cabai yang digunakan boleh disesuaikan selera.
2. Selain tomat merah, Anda juga bisa menggunakan tomat hijau.


Cara membuat ikan cakalang tumis tomat enak:
1. Panaskan minyak sayur untuk menumis.
2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum.
3. Tambahkan ikan cakalang asap, tumis sampai tercampur rata.
4. Tambahkan tomat merah, garam, gula pasir, lada putih bubuk, dan kaldu bubuk instan, aduk rata.
5. Tuangkan air putih, masak sambil diaduk sekali sampai meletup-letup dan bumbu meresap, angkat.
6. Pindah ke wadah saji, ikan cakalang asap masak tumis tomat enak sudah siap dihidangkan. Simak juga resep ikan cakalang bakar pedas cabai tumbuk atau resep sambal cabai bakar dengan ikan cakalang.

Resep ikan cakalang asap masak tumis tomat enak ini cukup untuk 4 porsi.

loading...

Baca juga;

Comments

Populer

Resep Kentang Kukus Keju Leleh Gurih Enak

Melihatnya saja Anda bakal langsung tergoda. Apalagi kalau sudah merasakan, pasti jadi tergila-gila. Terlebih cara membuat kentang kukus keju leleh gurih enak ini sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Kemudian, tinggal mengaplikasikannya. Ingin mencoba? Silakan simak penjelasan lengkap resep kentang kukus keju leleh gurih enak berikut ini hingga tuntas untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Bahan untuk membuat kentang kukus keju leleh gurih enak: 300 gram kentang. 100 gram keju quick melt , diparut. Pelengkap: 1 utas peterseli, dicincang sampai lembut. 3 sendok makan keju cheddar yang sudah diparut. Tips: Keju cheddar yang digunakan boleh disesuaikan selera. Tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan lada hitam bubuk atau lada putih bubuk untuk taburan. Pastikan tutup panci pengukus sudah dibungkus dengan kain lap supaya uap air tidak menetes. Cara membuat kentang kukus keju leleh gurih enak: Susun ke

Resep Cheese Stick Bayam Renyah Menggoyang Lidah

Cheese stick memang membuat lidah tak berhenti bergoyang mengarahkan camilan ini untuk dikunyah. Apalagi bila ditambah dengan daun bayam cincang. Selain, renyah dan lezat, salah satu dari sekian banyak aneka kue kering ini pastinya juga sehat untuk dikonsumsi. Berikut bahan yang dibutuhkan dan penjelasan tentang cara membuat cheese stick bayam. Sekadar informasi, ada juga resep cheese stick sayuran yang enak . Bahan kering: -   Tepung terigu: 400 gram, pilih yang mengandung protein sedang.-   Tepung sagu: 100 gram. -   Daun bayam: 0,5 ikat, dirajang sampai lembut. Umumnya bahan ini memang dimasak untuk mengaplikasikan resep sayur atau masakan tradisional. Misalnya, resep cah bayam sederhana enak atau resep pecel Jawa spesial sayuran komplit . Tapi, tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat kue kering. -   Keju cheddar : 250 gram, diparut lembut. -   Garam: 2 sendok teh. -   Kaldu ayam bubuk (instan): 1 sendok teh. Bahan basah: - 

Resep Es Sirup Biji Selasih Sederhana

Es sirup biji selasih yang sederhana ini pasti laris manis saat Bulan Puasa. Kesegarannya sering dijadikan andalan untuk menghilangkan dahaga selepas menjalani puasa seharian penuh. Tak kalah dengan minuman segar lainnya. Seperti, resep smoothies pisang creamy enak atau resep es sirup buah sega r . Selain segar, cara membuat juga sangat mudah. Lebih dari itu, waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya juga sangat cepat. Bahan untuk membuat es sirup biji selasih sederhana: 1 liter air putih. 10 sendok makan sirup frambozen. 10 sendok makan biji selasih, rendam dengan air dingin. Pelengkap: Es batu secukupnya. Tips: Supaya cepat dingin, disarankan supaya es batunya dipecah kecil-kecil atau diserut. Selain sirup rasa frambozen, Anda juga bisa menggunakan sirup dengan rasa lain sesuai selera. Cara membuat sirup biji selasih sederhana: Tuang sirup ke dalam wadah. Larutkan dengan air putih, sisihkan. Susun biji es batu di dalam gelas saji.

Resep Ikan lele Bumbu Rujak Kuah Kental

Entah siapa kali pertama yang menciptakan masakan yang dinamai bumbu rujak ini. Yang pasti, ini adalah masakan tradisional Indonesia yang menawarkan cita rasa lezat, pedas, dan gurih. Umumnya, masakan bumbu rujak memang berkuah santan kental. Nah, kali ini yang akan dimasak dengan bumbu tersebut adalah ikan lele. Mengingat, jenis ikan tersebut tergolong bahan makanan (produk perikanan) yang mudah didapat. Jadi, simak baik-baik penjelasannya berikut ini supaya hasilnya memuaskan. Bahan untuk memasak ikan lele bumbu rujak kuah kental: 400 gram ikan lele, berishkan, dikerat, bumbui garam dan lada putih secukupnya, goreng sampai matang dan kerin. 300 mililiter santan kental yang dibuat dari 0,5 butir kelapa. 2 sendok makan minyak sayur untuk menumis. Bumbu: 1 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, kemudian dimemarkan. 1 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya. Garam, gula merah, dan lada putih bubuk secukupnya. 2 buah cabai merah besar, iris tipis. L

Resep Pepes Ikan Tongkol Campur Kelapa Parut Istimewa

Pepes adalah salah satu masakan khas Sunda yang dibuat menggunakan aneka bumbu yang dihaluskan. Biasanya, bahan utama masakan pepes adalah ikan. Tapi, kali ini Oke Foods akan membahas resep pepes ikan yang dicampur dengan kelapa parut. Tentu rasanya lebih gurih dan istimewa. Simak baik-baik penjelasan lengkapnya berikut ini. Bahan untuk membuat pepes ikan tongkol campur kelapa parut istimewa: 300 gram ikan tongkol yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong. 100 gram kelapa parut. 100 mililiter santan kental yang dibuat dari 0,25 butir kelapa. 1 butir telur ayam, kocok lepas. Bumbu pepes ikan tongkol campur kelapa parut istimewa: 2 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, kemudian diiris tipis. 3 buah cabai hijau besar, iris tipis. 6 lembar duan salam, sobek-sobek. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya. Bumbu pepes ikan tongkol campur kelapa parut yang dihaluskan: 2 siung bawang putih. 6 siung bawang merah. 3 butir kemiri yang suda

Resep Cheese Stick Sawi Renyah Enak

Siapa yang tak mau kudapan bernama cheese stick . Apalagi cheese stick -nya dibuat juga dari aneka sayuran. Salah satu jenis sayuran yang bisa dikolaborasikan dengan adonan cheese stick yaitu sawi. Selain enak dan renyah, tentu makanan ringan ini juga cukup menyehatkan. Adapun jenis sawi yang digunakan, disarankan sawi hijau. Dengan begitu, warna jadi lebih menarik. Simak baik-baik penjelasan resep cheese stick sawi renyah enak berikut ini hingga tuntas supaya hasilnya memuaskan. Bahan kering untuk membuat adonan cheese stick sawi enak renyah: 300 gram tepung terigu. 75 gram tepung sagu. 180 gram keju cheddar , diparut. 0,5 sendok teh garam. Bahan basah untuk membuat adonan cheese stick sawi enak renyah: Larutan sari sawi yang dibuat dari 1 ikat sawi (petik daunnya saja, potong-potong) blender dan air secukupnya sampai lembut, saring untuk mendapatkan sarinya. Gunakan 75 mililiter saja. 50 gram butter , dilelehkan. 50 mililiter putih telur.